Banjir Bandang Rendam Beberapa Pekon dan Putus Akses Jalinbar di Tanggamus

Banjir Bandang Rendam Beberapa Pekon dan Putus Akses Jalinbar di Tanggamus

Material lumpur menutup jalur lintas barat (Jalinbar) Sumatera, tepatnya di Semaka, Kabupaten Tanggamus akibat terjadi banjir bandang yang melanda wilayah itu Kamis (29/6/2023) --

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID, Tanggamus - Jalan Lintas Barat (Jalinbar) Sumatera tepat di wilayah Kabupaten Tanggamus  tertutup material lumpur hingga setengah meter akibat banjir bandang tepat di hari lebaran Iduladha 1444 H/2023, Kamis (29/6).

Selain lumpur menutup badan jalan lintas sumatera tersebut juga terdapat beberapa pekon di Kecamatan Semaka seperti Srikaton dan Sukajaya terendam banjir. Bahkan di Pekon Srikaton ada rumah hanyut dibawa banjir.

Diketahui bahwa banjir menggenangi pemukiman penduduk di 7 pekon di wilayah Semaka, di antaranya , Way Kerap, Sikaton, Suka raja, Bangun Rejo, Koco puro,Suka jaya  dan sebagian Sudimoro.

Kedalaman di dalam rumah bervariasi, antara di atas tumit orang dewasa hingga di atas lutut orang dewasa.

BACA JUGA:Salat Id di Masjid Al Barkah Bekasi, Tri Adhianto Kurban Sapi Limosin 750 Kilogram

Banjir juga menggenangi sarana dan fasilitas umum, seperti sekolah dan perkantoran.

SDN Bangun Rejo dan Kantor Kantor Urusan Agama kecamatan Semaka ikut terendam air.

"Hujan dari semalam mengguyur Way Semaka, menyebabkan banjir bandang, paling parah rumah kakak hanyut diterpa banjir. Barang-barang tak ada yang terselamatkan,"ungkap Yanti warga Pekon Srikaton, Semaka.

BACA JUGA:Sebanyak 164 Jiwa Terdampak Banjir di Provinsi Riau

Imbauan juga di informasikan bagi masyarakat Kabupaten Kaur, yang akan ke Bandar Lampung atau Jakarta melalui Jalinbar untuk menunda keberangkatkan. Karena saat ini terjadi lonsor dan jalan tidak bisa dilintasi.

Saat ini telah terjadi longsor di Tebing Sedayu Pekon Sukaraja Kecamatan Semaka Kabupaten Tanggamus. Longsor terjadi tadi malam Kamis (29 Juni 2023). 

Akibat kejadian itu, banyak kendaraan tidak bisa melintas. Bahkan informasi terakhir didapat diketahui bahwa lokasi longsor lebih dari tiga titik. 

BACA JUGA:Kepala Pekon Way Nipah Tanggamus Tantang Duel Wartawan, Kenapa?

Jika terjadi kembali hujan deras dengan durasi lama. Besar kemungkinan akan terjadi longsor lebih parah. Bagi pengendara jika ingin mengambil jalur aman, sementara ini pindah jalur Kabupaten Lampung Barat, Kota Bumi ke Kota Bandar Lampung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: